Followers

Wednesday, August 7, 2024

Tugas dan Materi 1 Modul 2.1 Menggerakkan Komunitas Belajar

 



Tujuan Pembelajaran Khusus:

  1. Mengingat kembali faktor-faktor yang mempengaruhi komunitas belajar di sekolah 

  2. Menganalisis kebutuhan-kebutuhan di dalam komunitas belajar serta langkah-langkah dalam kegiatan komunitas belajar dan Tujuan Komunitas Belajar;


Bapak/Ibu Guru, selamat datang pada kegiatan pembelajaran 1. Pada sesi ini, Bapak dan Ibu akan diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengaktifkan ulang pengetahuan awal Bapak dan Ibu tentang menggerakan komunitas belajar dan tujuan adanya komunitas belajar di sekolah.


Menurut anda apakah komunitas belajar anda telah berjalan secara efektif dalam memenuhi kebutuhan belajar anda sebagai pendidik?

Jawab : Komunitas belajar yang ada di sekolah saya sudah berjalan dengan efektif, karena sudah mempunyai kegiatan rutin pada awal tahun ajaran baru, atau hal- hal yang berkaitan dengan kebutuhan Guru di sekolah. Misalnya pada bulan Juli Komunitas Belajar di sekolah mengadakan pertemuan untuk bersama- sama mengisi RHK periode Juli - Desember 2024. Hal ini sangat membantu saya dalam membuat RHK Pengelolaan Kinerja Platform Merdeka Mengajar (PMM).


Hal-hal apa yang sudah baik dari komunitas anda?

Jawab : Hal- hal yang sudah baik pada Komunitas belajar di sekolah saya adalah sudah mengadakan pertemuan untuk membahas hal- hal yang diperlukan oleh Guru seperti tentang RHK Pengelolaan Kinerja PMM, tentang Pelatihan Mandiri PMM, tentang SKP dan tentang Kurikulum Merdeka.


Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut. Hal-hal Apa saja kendala yang dihadapi komunitas anda?

Jawab : Sosok Kepala Sekolah yang mendukung dengan kegiatan Komunitas belajar, salah satunya memberikan ijin alokasi waktu untuk semua Guru fokus mengikuti Komunitas Belajar sehingga dapat meningkatkan kompetensi semua guru di sekolah.

Hal- hal yang menjadi kendala Komunitas belajar di sekolah adalah waktu yang tepat untuk bertemu dalam komunitas belajar. jadi pastinya kita mempunyai jam mengajar yang berbeda- beda, sehingga susah mencari waktu yang tidak akan mengganggu Kegiatan Belajar Mengajar.


Bagaimana gambaran ideal komunitas belajar guru yang anda harapkan dapat membantu mengembangkan profesi anda?

Jawab : Gambaran ideal Komunitas belajar yang saya harapkan terjadi jadwal yang pasti di awal tahun ajaran baru yaitu kesepakatan jadwal pertemuan komunitas belajar selama 1 tahun dengan rencana materi yang akan disampaikan. Komunitas belajar juga bisa sebagai ajang untuk sharring praktek baik semua Guru di dalam komunitas belajar, sehingga narasumber bisa berasal dari guru di sekolah sendiri.

Setiap anggota Komunitas belajar aktif untuk berbagi dan saling bertukar informasi yang dapat meningkatkan kompetensi Guru.


Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam komunitas belajar. Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya di dalam komunitas belajar di sekolah?

Jawab : Posisi saya sebagai anggota Komunitas belajar di sekolah yang aktif selalu mengikuti kegiatan Komunitas belajar sekolah. Hal ini membuat saya dapat menambah wawasan, dan praktik baik nya dapat di praktekkan di kelas.



Harapan:

Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

  1. Untuk Diri Sendiri : Setelah mempelajari modul ini, saya jadi semakin mengerti dan paham tentang Komunitas belajar. Dan saya akan semangat untuk selalu mengikuti dan mendukung kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Belajar di sekolah.

  2. Untuk Peserta Didik : Karena saya aktif mengikuti kegiatan Komunitas belajar di sekolah, maka praktik baik nya bisa saya terapkan di kelas, yang akan membuat murid- murid saya semakin betah belajar dengan saya dan pastinya peserta didik akan semangat dan aktif di dalam kelas.

  3. Untuk Sekolah : Dengan semua Guru sadar akan pentingnya Komunitas belajar di sekolah, maka sekolah akan semakin maju, karena Guru-guru nya dapat meningkatkan kompetensi yang pastinya akan berpengaruh dengan rapor pendidikan sekolah yang bagus.

  4. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini? Kegiatan yang saya harapkan dalam modul ini adalah praktek membuat komunitas belajar, atau mengaktifkan Komunitas Belajar yang sudah ada. Materi yang saya harapkan ada dalam modul ini adalah Tip Triks agar Komunitas Belajar di sekolah aktif dan tentunya dapat berbagi praktik baik ke luar sekolah. Manfaat yang saya harapkan dari Modul ini adalah saya dapat memanfaatkan Komunitas Belajar untuk meningkatkan Kompetensi saya sebagai Guru.

4 comments:

  1. Terimakasih atas ilmunya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Sangat bermanfaat, terima kasih

    ReplyDelete
  3. Terimakasih, ...sangat membantu . barakallahu

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ilmunya....sangat membantu dan bermanfaat sekali bagi saya

    ReplyDelete

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.