Followers

Monday, August 26, 2024

Tugas 5 Modul 1.3 Budaya Positif PGP Jabar

 


TUGAS 5. LIMA KEBUTUHAN DASAR

Semua orang senantiasa berusaha untuk memenuhi kebutuhannya dengan berbagai cara. Bila mereka tidak bisa mendapatkan kebutuhannya dengan cara yang positif, mereka bisa melanggar peraturan atau melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kebajikan.

Analisis Kasus

Najma, seorang anak kelas 3 SMK, begitu tiba di rumah sepulang dari sekolah, ia  menangis dan mengadu pada ibunya bahwa dia benci pada Bu Lala, gurunya. Menurut Anda, kebutuhan apa yang berusaha dipenuhi oleh Dinda, jika jawabannya seperti ini? Bila Anda berada dalam posisi Ibu Rani, dan mendengar informasi dari Ibunya Dinda tentang perasaan Dinda hari itu, apa yang akan Anda lakukan pada Dinda besok ketika Dinda masuk sekolah agar kebutuhan Dinda terpenuhi? 

Jawaban Dinda

Kebutuhan

Kebutuhan Tindakan Anda

“Ibu guru bilang, aku tidak boleh bersenandung sewaktu mengerjakan tugas, katanya kelas harus tenang, tidak ada suara. Kan nggak seru jadinya”

Kesenangan 

 

Ibu guru tidak menyapaku hari ini, padahal aku pakai jepit rambut baru”. 

Kasih sayang dan rasa ingin di terima

 

“Aku bosen, masa belajarnya cuma gitu-gitu aja..dengerin Ibu Guru aja”. 

Kebebasan

 

“Aku sebel, gambarku tidak rapi, malah Ibu guru nunjukin ke teman-temanku di depan kelas”.

Penguasaan 

 

  1. Jawaban Dinda: “Ibu guru bilang, aku tidak boleh bersenandung sewaktu mengerjakan tugas, katanya kelas harus tenang, tidak ada suara. Kan nggak seru jadinya.”

    • Kebutuhan: Kesenangan
    • Tindakan Anda: Besok, saat Dinda masuk sekolah, saya akan mencoba menciptakan lingkungan belajar yang tetap menyenangkan baginya sambil tetap menjaga ketenangan di kelas. Misalnya, saya bisa memberikan waktu tertentu di mana siswa bisa bersenandung atau mendengarkan musik pelan dengan earphone setelah selesai mengerjakan tugas. Hal ini akan memenuhi kebutuhan kesenangan Dinda tanpa mengganggu lingkungan belajar.
  2. Jawaban Dinda: “Ibu guru tidak menyapaku hari ini, padahal aku pakai jepit rambut baru.”

    • Kebutuhan: Kasih sayang dan rasa ingin diterima
    • Tindakan Anda: Besok, saya akan memastikan untuk memberikan perhatian lebih kepada Dinda dan siswa lain dengan menyapa mereka secara lebih personal. Saya akan memberikan pujian sederhana seperti "Kamu terlihat cantik dengan jepit rambut barumu, Dinda." Hal ini akan membantu memenuhi kebutuhan Dinda akan kasih sayang dan rasa diterima.
  3. Jawaban Dinda: “Aku bosen, masa belajarnya cuma gitu-gitu aja..dengerin Ibu Guru aja.”

    • Kebutuhan: Kebebasan
    • Tindakan Anda: Untuk memenuhi kebutuhan Dinda akan kebebasan, saya akan mencoba variasi metode pengajaran yang lebih interaktif dan melibatkan siswa secara aktif. Misalnya, saya bisa menggunakan metode diskusi kelompok, proyek kreatif, atau permainan edukatif yang membuat Dinda merasa lebih bebas dalam berekspresi dan terlibat dalam proses belajar.
  4. Jawaban Dinda: “Aku sebel, gambarku tidak rapi, malah Ibu guru nunjukin ke teman-temanku di depan kelas.”

    • Kebutuhan: Penguasaan
    • Tindakan Anda: Saya akan mendekati Dinda secara pribadi dan meminta maaf jika tindakanku sebelumnya membuatnya tidak nyaman. Besok, saya akan mencoba memberikan dukungan dan dorongan untuk membantu Dinda merasa lebih percaya diri dalam menggambar atau tugas lain yang dia lakukan. Saya juga bisa memberikan pujian pada usaha yang dia lakukan dan memberikan bimbingan agar dia dapat merasa lebih puas dengan hasil karyanya, memenuhi kebutuhan akan penguasaan.

Dengan langkah-langkah ini, saya berharap dapat memenuhi kebutuhan Dinda dan membantunya merasa lebih dihargai dan nyaman di lingkungan sekolah. 


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.