Followers

Monday, August 26, 2024

Tugas 9 Modul 1.3 Budaya Positif PGP Jabar

 


TUGAS 9. REFLEKSI MODUL 1.3
Pada tahapan ini bapak/ibu akan melakukan refleksi untuk mendukung pengembangan berkelanjutan, sepanjang proses penerapan ini Bapak/Ibu dapat melakukan refleksi, salah satunya dengan menulis jurnal refleksi menggunakan metode Deal: dengan menjawab pertanyaan di bawah ini.
1.     Hari ini saya belajar…

2.  Hal yang paling menarik saya hari ini adalah…
3. Tantangan terberat yang saya hadapi hari ini adalah…
4. Saya merasa bangga dengan diri saya hari ini ketika…
5. Saya ingin tahu lebih banyak tentang…
6.  Satu hal yang ingin saya coba adalah…

Refleksi terhadap Modul Budaya Positif

Hari ini saya belajar…

    • Saya belajar tentang berbagai aspek budaya positif yang dapat diterapkan di kelas untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan produktif. Saya juga memahami konsep disiplin positif, keyakinan kelas, dan posisi kontrol, serta bagaimana masing-masing dapat membantu dalam pengelolaan kelas yang efektif.

Hal yang paling menarik saya hari ini adalah…
Hal yang paling menarik adalah konsep disiplin positif dan bagaimana pendekatan ini bisa membantu siswa merasa dihargai dan termotivasi. Penerapan penguatan positif dan pendekatan restoratif untuk menangani pelanggaran memberikan alternatif yang lebih mendukung dibandingkan dengan hukuman tradisional.
Tantangan terberat yang saya hadapi hari ini adalah…
Tantangan terberat adalah mengidentifikasi dan memisahkan antara peraturan kelas dan keyakinan kelas. Memahami perbedaan antara keduanya dan bagaimana mengimplementasikannya secara efektif dalam konteks yang berbeda bisa cukup membingungkan.
Saya merasa bangga dengan diri saya hari ini ketika…
Saya merasa bangga ketika berhasil merumuskan keyakinan kelas bersama siswa dan melihat mereka antusias serta berkomitmen untuk mematuhi nilai-nilai tersebut. Proses kolaboratif ini menunjukkan betapa pentingnya melibatkan siswa dalam menciptakan aturan dan nilai-nilai kelas. 
Saya ingin tahu lebih banyak tentang…
Saya ingin tahu lebih banyak tentang strategi konkret untuk menerapkan disiplin positif dalam situasi yang lebih kompleks, seperti ketika menghadapi siswa dengan berbagai kebutuhan atau tantangan khusus. Menggali lebih dalam tentang teknik-teknik spesifik dan studi kasus bisa sangat berguna. 
Satu hal yang ingin saya coba adalah…
Saya ingin mencoba menerapkan teknik refleksi diri secara rutin dalam kelas. Mengajak siswa untuk merefleksikan perilaku mereka dan bagaimana mereka bisa memperbaiki diri bisa menjadi cara yang efektif untuk mengembangkan kesadaran diri dan tanggung jawab pribadi.
Refleksi ini membantu saya untuk mengevaluasi pemahaman saya dan merencanakan langkah-langkah selanjutnya dalam penerapan budaya positif di kelas.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.