Followers

Wednesday, August 7, 2024

Tugas dan Materi 2 Modul 2.1 Menggerakkan Komunitas Belajar

 


Tujuan Pembelajaran Khusus: Merefleksikan hasil implementasi konsep dalam bentuk aksi nyata di kelas/sekolah lewat blog, Menyusun rencana tindak lanjut perbaikan dalam meningkatkan diri untuk memahami materi dan implementasi/aksi nyata di kelas/sekolah


Jenis Kegiatan yang Terkendala

Kegiatan yang terkendala adalah menetapkan topik dan waktu diadakan Kegiatan Komunitas Belajar. Karena harus mempunyai waktu yang pas supaya kegiatan Belajar Mengajar tidak terganggu. Misalnya bila dilakukan daring bisa dilakukan pada saat malam hari, untuk luring bisa dilakukan hari sabtu. Tetapi pastinya ini harus merupakan kesepakatan bersama. Bukan keputusan sepihak.



Akar Masalah

Akar masalah nya adalah perbedaan topik atau kompetensi setiap Guru yang berbeda- beda sehingga untuk menentukan topik harus berdasar pada suara terbanyak, topik apa yang akan diangkat. Selain itu juga masalah waktu dan metode yang digunakan apakah daring atau luring. Karena tiap Guru mempunyai jadwal dan kegiatan yang berbeda- beda sehingga untuk mencari waktu yang tepat sangat sulit. Kecuali peran Kepala Sekolah sangat berpengaruh untuk menentukan keputusan topik dan waktu untuk Kombel.


Rencana Tindak Lanjut (RTL)

Rencana Tindak Lanjut 

1. Membuat polling suara terbanyak tentang topik dan waktu untuk pelaksanaan Kombel

2. Setelah hasil polling di hitung, keputusan di serahkan ke Kepala Sekolah untuk membuat keputusan tentang topik dan waktu diadakannya Kombel di sekolah. 

3. Dibuat panitia untuk diberi tugas masing-masing agar pelaksanaan Kombel berjalan dengan lancar dan baik. 


Implementasikan konsep dalam bentuk aksi nyata di kelas/sekolah lewat blog

Jawab : iya, link menyusul




No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomemtar sesuai dengan topik artikel yang di bahas. Tidak boleh memasang link.